Sekedar Review – Samsung GALAXY Ace 3

What goes around, comes around. Dan hal tersebut, berlaku pula untuk handphone. :D

Beberapa minggu yang lalu, saya baru saja menghibahkan handphone Samsung GALAXY Ace saya ke si mamah. Handphone berumur hampir 2 tahun ini rasa-rasanya masih oke dipake beliau untuk chatting lewat Whatsapp, atau untuk aplikasi Alkitab.

samsug

Browsing-browsing sepanjang hari, saya berusaha mencari kandidat pengganti handphone untuk saya pakai sehari-hari. Ketemu yang bagus sih gampang, cuma duitnya yang jadi masalah. :( Susahnya belanja menjelang natal dan tahun baru ya itu tadi : budgetnya terbatas. Banyak persiapan buat beli kue natal dan keperluan lainnya yang mesti disiapin dari jauh-jauh hari, dan itu memaksa saya untuk pinter-pinter milih barang yang akan dibeli.

Hasil cek review sana dan sini, maka terpilihlah sebuah handphone dengan harga yang terjangkau di kantong saya saat itu : Samsung GALAXY Ace 3! Lah, ternyata pengganti si Ace adalah Ace juga! :D

Untuk kelas harga 2 juta-an (persisnya 2.199.000), spesifikasinya sih lumayan banget. Layar 4 inchi, 4 gigabyte memori internal, prosesor 1GHz, dan kamera belakang 5 mp sih udah lebih dari cukup buat saya.

Dari segi fisik, bentuknya mengingatkan saya sama pendahulunya, Ace 1 dan Ace 2. Ujung yang agak melengkung, dengan pinggiran berwarna silver. Tombolnya juga cuma satu di tengah bawah, yaitu tombol Home. Simpel.

OS-nya udah yang paling update saat ini : Android Jellybean 4.2. Ngga ada masalah sama sekali untuk login pertama kali. Register step by step dengan account Google juga mulus dilalui.

Maka mengalirlah aplikasi demi aplikasi yang saya butuhkan ke dalam memori handphone : twitter, path, instagram, wordpress, flipboard, pixlr express, whatsapp dan line. Daaaaaaan, semuanya lancar jayaaaa.. :D

Foto pake kamera depan atau blakang, edit dikit pake pixlr express dan bisa langsung upload ke path. Bisa juga konekin twitter dengan flipboard sambil bales2in whatsapp, semuanya ngga pake ngelag.

20131102_112423

Bimbo tampangnya bengong, tapi ada suara gonggongannya! Nyahahahaa :O

Tapi yang paling seru sih emang aplikasi kameranya yang Sound and Shot. Aplikasi ini persis banget sama yang ada di GALAXY S4, yaitu kita bisa moto sambil ngerekam suara kita selama maksimal 9 detik. Jadi pas fotonya kita preview, ada suaranya juga! Seru banget kalo mau sharing foto sama pacar, terutama buat yang LDR-an. :P

Misalnya foto si Bimbo di samping ini. Waktu saya foto, sekalian juga saya rekam suara dia pas lagi gonggong-gonggong setelah foto ini di-capture. Jadinya lucu banget, padahal tampangnya keliatan lagi oon begitu. :O

Eia, ada juga fitur Best Photo. Di fitur ini, kita bisa ambil foto secara burst (alias bertubi-tubi), untuk kemudian nanti kita pilih yang paling bagus untuk kita simpen. Berguna banget kalo mau ambil foto rame-rame, di mana orang-orangnya pada susah disuruh diem semua. Kesel kan kalo pas lagi foto rame-rame, semuanya udah pasang senyum, eh ada satu orang yang lagi nengok ke samping atau malah lagi manyun? :(

Yang seru satu lagi itu aplikasi S Voice bawaan Samsung. Aplikasi ini bisa “diperintah” pake suara doang. Jadi kalo sekarang saya mau tidur, cukup klik aplikasinya, trus ngomong “wake me up at five a.m“, dan voilaaaaa, tiba-tiba alarm saya sudah terpasang untuk jam lima pagi! Kalo pas wiken, cukup bilang “cancel all my alarms” dan si alarm ngga akan nyala besok pagi. ^___^

Sampai hari ini, I have no complain about this Samsung GALAXY Ace 3. Performanya saya kasi empat dari lima. Fitur-fiturnya, empat dari lima. Value for money-nya, saya kasi lima bintang! Woohoo! :D

11 thoughts on “Sekedar Review – Samsung GALAXY Ace 3

  1. batere nya gimana men? yang punya lo ini yang 3G kan, baterenya cuma 1500 mAh kan ya? dengan paket data nyala terus dan aplikasi online jalan di background tahan berapa lama? terus layarnya gak scratch resistant yak?

  2. Baterenya oke koq, asal sinyalnya bagus. Kalo udah nyari2 sinyal mah pasti gak tahan lama. :(
    Kalo layarnya emang ngga scratch resistant, tapi sampe hari ini sih belum ada beset apapunnn :D

  3. Bro, thx atas bacaan di atas.. aku baru pertama kali pake android dan langsung beli samsung Ace 3. aplikasi apa saja yg baik menurutmu unt hp samsung Ace 3 ini..?

  4. @willy Aplikasi sih standar yah.. Paling awal sih biasanya saya install alarm (Alarm Clock Extreme), galeri (Quickpic) dan aplikasi edit foto (Pixlr Express dan Cymera). Sisanya aplikasi social media, mulai dari Twitter, Facebook, Path, Line, dan Whatsapp. :)

  5. Bro..mau tanya..kenapa di ace 3 gue tidak bisa instal aplikasi.. keluarnya “aplikasi tidak dapat di pasang pada lokasi default”.. mohon bantuannya ;(

  6. bro mau tanay dumz, aku juga baru beli ace 3 beberpa hari lalu, tapi aku ada masalah sama memorinya, cuma diisi apliaksi kamera 360, whats up, line, operah, facebook, tapi memori 4gb kok udah penuh ya? penggunaan paling besar 2gb di sistem, apa emang segede itukah ngambil memorinya, gmn biar lebih optimal, mohon saran..
    trims

  7. Baterai untuk ace 3 apakah emang sering panas ya. Trus hp ace3 aku kenapa udah 2x hang ya. Alias frozen.kenapa ya.bales dong.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s