For-Your-Information

Saya saat ini aktif bekerja sebagai Auditor di Bursa Efek Indonesia, sejak April 2010. Berada di bawah Direktorat Pengawasan dan Kepatuhan BEI, Divisi Kepatuhan Anggota Bursa – divisi saya – bertugas melakukan audit kepatuhan terhadap AB (Anggota Bursa: perusahaan sekuritas yang terdaftar di BEI dan berhak melakukan transaksi di BEI). Audit meliputi pemeriksaan kelengkapan peraturan di AB seperti disyaratkan dalam peraturan-peraturan pasar modal, pemeriksaan prosedur pelaksanaan peraturan dalam operasional AB, dan pemeriksaan terhadap sistem informasi AB yang digunakan untuk melakukan transaksi di BEI.

Sebelum di BEI, saya bekerja sebagai IT Auditor di Ernst& Young, sebuah Kantor Akuntan Publik Big 4. Tugas utama divisi TSRS (Technology and Security Risk Services) adalah melakukan pemeriksaan sistem informasi klien, untuk memastikan bahwa sistem informasi yang digunakan dapat diandalkan untuk pembuatan laporan keuangan perusahaan. Meski terlihat hanya sebagai supporting-assignment, kenyataannya prosedur pelaporan keuangan yang kini telah sangat bergantung pada sistem informasi (terutama yang telah menerapkan ERP) memiliki tantangan tersendiri untuk memastikan reliabilitasnya. Hal ini menyebabkan prosedur audit konvensional tidak lagi dapat diandalkan, dan perlahan bergeser menuju prosedur audit sistem informasi.

Lulus dari jurusan Akuntansi Universitas Padjadjaran Bandung di tahun 2008 dengan skripsi tentang SOX Section 404, sejujurnya saya membenci akuntansi, dan mencintai sistem informasi. Hal ini sebagai akibat dari kenyataan bahwa sistem informasi telah banyak menyita waktu saya di kampus, terutama ketika saya menjadi Asisten Praktikum di Studio Komputer Akuntansi UnPad, selama periode April 2007 hingga lulus. Pengenalan akan mata kuliah Pengantar Aplikasi Komputer, Sistem Informasi Manajemen, Sistem Informasi Akuntansi, Database Management System dan System Analyse and Design Method ternyata membawa saya pada karir saya sekarang.

Dunia sistem yang antara nyata dan tak nyata, ternyata menarik minat saya, jauh di atas minat saya terhadap pasar modal. Padahal, medio 2006 hingga 2007 saya aktif di Pojok BEJ ITB atau dikenal dengan nama Kelompok Studi Ekonomi dan Pasar Modal ITB (KSEP-ITB). Sempat menjadi wakil kepala departemen di Departemen Informasi sebelum waktu tersita untuk kegiatan asistensi di Studio Komputer Akuntansi, hidup ternyata membawa saya kembali ke institusi yang dulu membantu organisasi saya berkembang : Bursa Efek Indonesia.

Ketertarikan pada komputer sudah terlihat sejak SMA, ketika seorang guru mengajukan nama saya untuk mengikuti Olimpiade Komputer Indonesia di tingkat kotamadya. Meski tak paham tentang Pascal dan sejenisnya (dan pada akhirnya saya terlempar di seleksi tahap kedua), hal tersebut menumbuhkan rasa percaya diri dan keyakinan pada diri saya : saya pasti bisa lebih jauh dari ini. Meski setelah itu saya memilih (dan terpaksa memilih) untuk masuk ke jurusan IPS, dan mengubur mimpi saya untuk berkarir di bidang teknik ataupun komputer. Tapi ternyata Tuhan menumbuhkan mimpi lain di hidup saya, yang sedang saya jalani saat ini.

Berpikir kritis telah saya terapkan sejak SMA, yakni ketika diberi tanggungjawab sebagai Ketua Seksi Rohani Protestan (Rokris) di SMA Negeri 68 Jakarta. Berbagai tantangan menjadi pemimpin seksi rohani Protestan di sekolah negeri, sudah menjadi makanan sehari-hari. Terkadang menggoyang iman, bahkan menciptakan banyak pertanyaan di kepala. Tapi saya paham sekarang, pemikiran saya saat ini banyak ditempa lewat berbagai pengalaman di masa itu.

Jika di blog ini banyak pertanyaan mengenai agama, Tuhan, dan sejenisnya, semata-mata hanyalah bentuk pemikiran kritis saya, tanpa bermaksud meragukan ke-Esa-an Tuhan. Saya hanya berprinsip, anda harus tahu siapa yang anda sembah. Jangan menyembah yang anda sendiri tidak kenali, atau tidak anda yakini kebenarannya. Betul, kebenaran adalah mutlak dan hanya milikNya, tapi sebagai manusia yang serba terbatas, menggunakan iman dan logika untuk mencari kebenaran tersebut adalah sebuah tujuan mulia.

Saya berpikir, maka saya ada. Dan inilah bentuk pikiran-pikiran saya, bentuk eksistensi saya di dunia. Selamat menikmati!

8 thoughts on “For-Your-Information

  1. Suka sama paragraf terakhirnya… :) Terlalu banyak orang yang telanjur takut melakukan hal tersebut saking kentalnya dogma yang beredar..

  2. what a good blog. membuat saya bertanya-tanya siapa laki-laki dibalik semua tulisan ini.
    Olimpiade Komputer, Pascal, Java Jazz, PS. I Love You. we have things in common :p
    well, salam kenal :)

  3. Membaca blog ini membangkitkan semangat saya untuk mengulik-ngulik kembali barisan kosakata yang ada di kepala, terimakasih untuk petrichor, spasi, dan gumpalan kertas kusut

    salam kenal mas armen :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s