Changeling

Film yang berdasar atas kisah nyata ini mengambil latar tahun 1930-an, di Amerika Serikat. Christine Collins (Angelina Jolie) yang kehilangan anaknya, Walter, menunggu selama berbulan-bulan dan penuh ketidakpastian. Sampai pada akhirnya, polisi menghubunginya, dan mempertemukan kembali ia dengan seorang anak laki-laki berumur 9 tahun.changeling

Namun Christine kaget, karena anak tersebut bukanlah Walter. Sang polisi  terus menerus mendesak Christine untuk mengakui anak itu adalah Walter, agar pemberitaan media terhadap kepolisian Los Angeles menjadi positif, setelah selama ini pemberitaan media selalu menyoal korupsi dan kejahatan di dalam tubuh kepolisian Los Angeles.

Christine sangat yakin, anak tersebut bukanlah Walter. Ia pun melakukan segala cara untuk meyakinkan polisi, bahwa anaknya yang sebenarnya belum ditemukan. Namun polisi tidak mengindahkannya, dan bahkan mengirimkan Christine ke rumah sakit jiwa dengan tuduhan telah mengalami trauma hebat karena kehilangan anaknya.

Film ini menggambarkan penderitaan sang ibu yang kehilangan anaknya, dengan sangat baik. Akting Angelina Jolie sangat pantas mendapatkan nominasi piala Oscar, karena pendalamannya yang luar biasa, yang bahkan membuat saya ikut merasakan kepedihan Christine.

Cerita yang luar biasa, dan pesan moral yang disampaikan, menjadi kelebihan utama film ini. Semangat seorang ibu untuk membuktikan bahwa nalurinya tidaklah salah, terlihat sangat mengharukan, dan mendorong kita untuk ikut menyelam bersama perasaan kehilangan yang dirasakannya. Harapan yang sangat besar dari Christine untuk menemukan anaknya, membuat kita seharusnya malu, jika kita hanya mampu berharap sedikit, sementara ada banyak harapan di luar sana.

“I used to tell Walter, ‘Never start a fight… but always finish it.’ I didn’t start this fight… but by God, I’m going to finish it.” – Christine Collins –


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s