What is the definition of “good music”?

Terinspirasi dari tweet seorang musisi lokal yang berbunyi “There’s a band here on O-Channel that idolizes Kangen Band so much, and mentioned that Kangen is the best band in Indonesia#whatdoyouthink?”, saya jadi terpikir, sebenarnya jenis musik apakah yang dapat dikategorikan sebagai musik yang baik (good music)?

Apakah musik dengan genre jazz lebih baik daripada musik dengan genre melayu? Apakah musik metal tidak lebih baik daripada musik pop? Ataukah musik elektronik lebih baik daripada musik dangdut?

Saya masih tidak paham, mengapa begitu banyak orang yang membenci Kangen Band. Lebih umum lagi, membenci musik pop melayu yang sekarang mulai menjamur. ST 12. Armada. The Potters. Kenapa? Karena musiknya melayu? Karena liriknya kacangan? Karena penyanyinya jelek? Karena gayanya?

Bagi saya, tidak ada musik yang bagus. Karena memang tidak ada musik yang jelek. Semua masalah selera. Dan jika tidak sesuai dengan selera kita, bukan berarti musiknya tidak bagus. Dan itu tidak bisa menjadi alasan untuk melakukan hinaan-hinaan dan gerakan anti terhadap jenis musik tertentu.

Hinaan dan celaan hanya semakin menunjukkan bahwa anda tidak dewasa. Menghina aliran musik lain tidak mengangkat derajat jenis musik yang anda suka. Karena memang musik tidak mengenal derajat.

4 thoughts on “What is the definition of “good music”?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s