Selamat Ulang Tahun, Kartini

Saya feminis.

Ya setidaknya, saya sependapat dengan prinsip bahwa lelaki dan perempuan memang sudah sepantasnya memiliki hak yang sama. Saya juga sependapat, bahwa perempuan bukanlah ‘makhluk lemah’ yang posisinya berada di bawah laki-laki.

Tapi, persamaan hak, sewajarnya diikuti pula dengan persamaan kewajiban. Atau setidaknya persamaan perlakuan. Toh tidak ada yg lebih kuat-lebih lemah. Toh tidak ada lebih tinggi-lebih rendah. Tapi kenyataannya, kebanyakan kasus, perempuan sendirilah yang memposisikan dirinya sebagai ‘yang lemah’.

Contohnya pagi ini (dan pagi2 sebelumnya). Mengapa ketika kita sama2 berdiri di dalam sebuah bus kota, kemudian ada tempat duduk, maka perempuan yg didahulukan?

Seorang ibu, tua, bawa kantong kresek yang banyak, ya oke lah. Wajar kalo beliau kita dahulukan. Tapi seorang wanita/ibu muda, cuma bawa tas sebiji, dan ketika ada tempat kosong, maka saya (sebagai lelaki) harus malu jika ada seorang laki-laki di dekatnya tidak memberikan tempat tsb?

Bagaimana jika laki-laki yg berdiri itu sedang migrain. Atau sudah lelah berdiri dr tanjung priok menuju blok M? Atau tasnya berat setengah mati karena bawa laptop jadul? Haruskah lelaki tersebut malu?

Bukankah itu tandanya perempuan tsb me-“lemahkan” dirinya sendiri? Menganggap dirinya lebih berhak mendapatkan tempat duduk ketimbang seorang lelaki, bukankah itu artinya ia telah menelan bulat-bulat pandangan publik ttg perempuan yang lemah dan tdk berdaya? Bukankah itu artinya dia merendahkan dirinya sendiri?

Kenapa tidak tunjukkan pada pengguna bus, bahwa perempuan juga bisa berdiri di tengah padatnya bus kota. Tunjukkan bahwa kita memang sama, dan kami (laki-laki) tidak lebih kuat, lebih tahan banting, lebih “tinggi” ketimbang para perempuan.

Maaf, saya mau hak perempuan sama dengan laki-laki. Tapi tolong, jangan lagi menganggap diri anda selemah itu. Selamat ulang tahun, Kartini.

If we want to be treated equally let’s start behaving equally. – quoted by Grace Stephanie.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s