cogito ergo sum,,

pernah denger sama quote bahasa latin itu ngga? “cogito ergo sum“,, pernah?

quote itu gw denger beberapa waktu lalu, waktu lagi ada seminar ttg “inovation” di kampus,,  sang presenter bernama Sakti Makki nampilin kata2 itu di awal slidenya,, di akhir seminar, dia ngajuin pertanyaan ttg arti kata-kata itu, dan yang bisa bakal dapet ipod video,, gile,,

artinya,, “saya berpikir, maka saya ada“,, diucapin sama decrates, salah seorang pemikir yunani,, awalnya, gw juga biasa aja sama quote yang satu ini,, tapi ternyata setelah gw cari di google, dan ketemu artikelnya di wikipedia, baru gw ngerti apa maksudnya,, coba baca artikelnya di sini,,

ternyata, sang filsuf yang tidak percaya pada apapun, terus menerus berpikir akan segala hal,, sampai akhirnya dia sadar, bahwa ke manapun ia berpikir, baik itu salah ataupun benar, dia tetap berpikir. itu adalah suatu kepastian, meskipun pada akhirnya ia menemukan ataupun tidak menemukan jawabannya,,

setelah dipikir2,, iya juga ya,, yang membuat kita ada adalah karena kita berpikir,, waktu kita berpikir bahwa kita ada atau ngga, sebenarnya kita itu udah ada. hmmm,,yaa kira2 seperti itulah,, susah juga neranginnya,,

berhubungan sama filsafat,,coba deh baca buku2nya jostein gaarder,, bener2 bikin kita jadi “ada“, soalnya baca bukunya mesti mikir,, huehehe,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s