website dirjen pajak – menggunakan joomla

another reality.

hari ini, secara tidak sengaja saya melihat sebuah artikel di detik.com mengenai situs dirjen pajak yang diklaim telah dihack beberapa waktu yang lalu. sambil iseng (lagi), saya juga melihat-lihat komentar beberapa pembaca. Salah seorang komentar menyatakan bahwa situs dirjen pajak tersebut (www.pajak.go.id) dibuat dengan joomla.

tentu saja saya kaget, mengetahui bahwa joomla adalah sebuah Content Management System (CMS) yang open-source alias gratis, padahal situs pemerintahan pastinya mendapatkan anggaran yang jauh dari cukup. Karena tidak percaya, akhirnya saya mencoba mengakses situs dirjen pajak tersebut, kemudian klik kanan, dan pilih view page source. dan, inilah hasilnya :

source website dirjen pajak
source website dirjen pajak

di sana terlihat (dalam kotak merah), bahwa memang benar, website ini dibuat dengan menggunakan joomla, dan tertulis pula dengan sangat jelas : OPEN SOURCE.

oh no.

apakah dirjen pajak telah menggunakan anggarannya dengan benar? apakah benar anggaran untuk pembuatan website tidak besar, sehingga harus menggunakan opensource? apakah dalam laporan BENAR-BENAR dinyatakan bahwa pembuatan website hanya menggunakan dana yang sedikit berhubung CMS-nya open-source?

sayangnya saya tidak menemukan data-data anggaran Dirjen Pajak ataupun laporan realisasi anggaran Dirjen Pajak di mbah google. Jadi? berharaplah semoga “uang kita” tidak terbuang percuma untuk kantong-kantong koruptor di sana. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s