Pemilu sebentar lagi..

Wah, tidak terasa, ternyata Pemilu Legislatif kita tinggal menyisakan waktu 3 minggu lagi. Masa kampanye juga sudah dimulai sejak senin kemarin. Tapi koq sosialisasi Pemilunya masih minim sekali yah?

Bahkan, sekitar minggu lalu, saya masih bingung karena kartu pemilih belum dikirim ke rumah. Berdasarkan pengalaman Pemilu lalu (2004), kartu pemilih sudah ada di rumah sejak sebulan sebelum Pemilu. Baca-baca di sana sini, saya baru ngeh bahwa ternyata sekarang kita yang harus pergi ke Kelurahan (CMIIW) untuk melihat apakah nama kita ada di dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap). Oalaaaahh…

Apalagi mendengar pemberitaan yang mengatakan bahwa kertas suara nantinya akan sebesar lembaran koran (itulah kenapa sekarang kita MENCONTRENG, bukan MENCOBLOS, karena dikhawatirkan jika kertas tidak dibuka secara penuh, pencoblosan akan menembus gambar partai lain, dan kertas suara dinyatakan tidak sah), dan berisi nama-nama entah siapa dan entah bagaimana kapasitas dan integritasnya.

Belum lagi dengan jumlah kertas suara yang akan kita terima nantinya. 4 lembar! Dengan pilihan-pilihan yang begitu banyak, yang begitu membingungkan, dan (justru) terasa sangat memberatkan, rasanya enggan untuk memilih.

Dalam hati, rasanya kepingin sekali untuk golput, alias tidak memilih siapapun. Saya sudah apatis. Wakil rakyat yang tidak mewakili rakyat. Yang berlomba-lomba dekat dengan rakyat ketika kampanye, dan berlomba-lomba korupsi ketika sudah terpilih ke Senayan. Muak.

Tapi, mubazir juga kalau hak suara saya tidak dipergunakan. Saya merasa tidak bertanggungjawab terhadap apa yang sudah dipercayakan kepada saya. Jadi, mau tidak mau, suka tidak suka, saya akan menggunakan hak pilih saya. Mungkin biarkan hari nurani yang bicara. Lho? Kampanye?

One thought on “Pemilu sebentar lagi..

  1. assalamu alaikum wr. wb.

    Permisi, saya mau numpang posting (^_^)

    http://ulamasunnah.wordpress.com/2008/06/03/menggugat-demokrasi-daftar-isi/
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/03/17/demokrasi-bukan-jalan-perubahan-hakiki/

    Sudah saatnya kita ganti sistem,
    untuk masa depan umat yang lebih baik!
    semoga link di atas bisa menjadi salah satu rujukan…

    Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.
    Mohon maaf kalau ada perkataan yang kurang berkenan. (-_-)

    wassalamu alaikum wr. wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s