blog sampah..

http://teswordpress.wordpress.com/

alamat di atas adalah sebuah alamat blog yang (herannya) dipermasalahkan di detik.com (http://www.detikinet.com/read/2009/03/10/092329/1096856/398/blog-penghina-nabi-kembali-gentayangan), dan mengundang banyak komentar yang (sangat) kental dengan aroma SARA, tapi entah kenapa, masih bisa lolos moderasi detik.com.. tapi itu masalah lain lah..

Yang akan saya bahas di sini adalah, isi dari blog tersebut, yang menurut saya, adalah sampah.  Isi blog ini adalah hujatan kepada Nabi Muhammad SAW, yang dikatakan oleh penulis sebagai seorang pedofil. Lebih jauh, penulis memasukkan ayat-ayat Alkitab dan Al-Quran untuk mendukung teorinya, dan terus menerus menghujat Nabi Muhammad SAW.

Saya seorang Kristen, tapi jujur, saya muak dengan isi blog tersebut. Terlepas dari isinya yang mungkin justru membela agama saya, dan memojokkan agama Islam, tapi (sekali lagi), secara jujur, saya eneg dengan isi blog tersebut. Dan lebih muak lagi karena ternyata banyak orang yang terpancing melalui isi blog tersebut.

Sebuah blog yang jelas-jelas tidak bermutu, berisi hujatan tidak karuan, dan tidak layak dibaca, sebenarnya tidak pantas untuk mendapatkan reaksi yang berlebihan, terutama reaksi berisi bantahan atas isi blog tersebut. Saya di sini juga bereaksi terhadap blog tersebut, lebih karena merasa miris dengan reaksi yang ada, dan berusaha berpikir lebih luas, jauh lebih luas daripada isi blog tersebut.

Sebagai manusia modern, tidak sepantasnya kita untuk mudah diadu oleh blog tidak bertanggungjawab seperti ini. Seharusnya kita bisa lebih dewasa menyikapinya, dengan berpikir bahwa sang penulis blog hanyalah orang gila yang tidak punya kerjaan, atau hanya seorang atheis yang tidak memihak pada agama manapun. Karena, jika saja ia beragama, maka blog ini tentu tidak berisi hujatan dan celaan.

Lebih sedihnya lagi, ketika saya membaca berita ini di portal berita favorit saya, detik.com, dan ternyata detik.com sebagai sebuah portal berita juga tidak mampu bertindak sewajarnya. Berita yang sebenarnya dari judulnya saja sudah mampu memprovokasi, bertambah panas karena komentar dari para pembaca yang ditampilkan di sana, sangat tidak layak untuk dibaca. Padahal, menurut detik.com, komentar yang masuk akan melewati prosedur moderasi terlebih dahulu, baru kemudian ditampilkan. Namun sayangnya, entarh karena kesalahan sistem atau karena kesalahan manusia, maka komentar-komentar ‘sampah’ pun ikut menghiasi debat kusir di kolom komentar tersebut.

Sungguh disayangkan. Manusia Indonesia ternyata masih tidak dewasa. Bereaksi berlebihan terhadap berita bodoh. Menyikapi dengan tidak seperlunya. Mudah terpancing, tanpa perlu usaha keras dari ‘pemancing’nya.

Dan satu lagi pertanyaan saya : Apakah Roy Suryo sudah tahu siapa penulis blog tersebut? Lokasinya di mana? Siapa dia? Jangan hanya bisa mengomentari foto panas artis dan menjelek-jelekkan blogger yang jelas-jelas mengisi blognya dengan materi bermutu dong, Pak!  Katanya pakar?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s