Google Translate (lagi).

Setelah di post sebelumnya saya membahas mengenai google translate secara umum, tiba-tiba saya merasa kepingin posting lagi tentang salah satu aplikasi google ini.

Jadi cerita diawali dari seorang teman saya yang mengenalkan saya kepada salah seorang penyanyi bernama Lisa Ono, yang asli Jepang, tapi tinggal di Brazil, dan gemar bernyanyi Bossanova. Lewat lagunya Salade de Fruits dan Boas Festas, tiba-tiba saja saya sudah jadi penggemarnya.

Beberapa minggu terakhir, lagu-lagu tersebut selalu ada di playlist iTunes saya. Berhubung lagunya berbahasa “asing”, maka saya hanya bisa bersenandung saja, tanpa bisa ikut menyanyikan lagu tersebut. Lama-lama, koq saya jadi pengen tau liriknya, akhirnya saya pun meng-google (googling) mencari lirik kedua lagu tersebut.

Ampun mak, ternyata Salade de Fruits itu bahasa Prancis, dan saya tidak mengerti mengenai pengucapannya. Akhirnya saya hanya bisa bersenandung (lagi) saja. Hehe.. Tapi, penasaran juga sama arti dari bahasa Prancis itu. Akhirnya saya men-translate halaman lirik yang saya temukan dengan google translate. Dan inilah hasilnya!

Wow! Akhirnya saya mengerti arti dari lagu yang saya gemari belakangan ini. Salad buah toh?!

Penasaran berlanjut ke lagu kedua, Boas Festas. Tanpa bermaksud sok tau, saya pun kembali men-translate lirik yang saya temukan dari bahasa Prancis ke bahasa Inggris. Dan ternyata salah!

Waduh, jadi bingung juga. Ini pake bahasa apa ya? Dan, inilah cikal bakal saya menemukan fitur ini di google translate : Language Detection alias Deteksi Bahasa. Dan menurut saya, ini adalah fitur yang sangat cerdas!

Bayangkan kalau kita mendapatkan sebuah teks, tapi kita tidak tau teks itu aslinya dari bahasa apa. Lalu apa yang akan kita lakukan? Mencoba satu persatu bahasa yang ada di google translate? Ya mungkin akan ketemu juga sih, tapi butuh waktu yang lama. Oleh karena itulah, fitur ini saya sebut sebagai fitur cerdas!

Dan itulah yang terjadi. Setelah mendapatkan lirik lagu Boas Festas, maka saya pun memilih menu Deteksi Bahasa, dan ternyata halaman lirik tersebut telah diterjemahkan dengan sangat baik, dari bahasa PORTUGIS ke bahasa Inggris. Ini hasilnya!

Wow! What a great feature by Google Translate! Good job!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s