Earth Hour 2009

Membaca berita ini di kompas.com setelah sebelumnya saya juga pernah mendengar tentang berita ini di running text Metro TV, akhirnya saya mengerti juga apa makna dari kegiatan ini.

earth-hour Kota Jakarta tahun ini berpartisipasi dalam sebuah kegiatan yang bernama Earth Hour, yaitu sebuah kegiatan untuk mematikan peralatan elektronik kita selama satu jam, dalam rangka penghematan energi. (keterangan lebih jelas, di sini). Kita patut bangga, karena warga kota Jakarta menjadi bagian dari sebuah kampanye besar yang melibatkan 1000 kota di seluruh dunia, dan menjadi satu dari sekian ratus juta orang yang ikut serta dalam kampanye ini.

Penghematan energi di Jakarta selama satu jam, ternyata memiliki dampak yang sangat besar (bisa dilihat di sini). Selain penghematan biaya listrik sebesar Rp200 juta, ternyata tenaga yang tersimpan karena warga Jakarta mematikan peralatan listriknya selama satu jam mampu menghidupi 900 desa di Indonesia yang belum mendapatkan listrik yang layak.

Kegiatan ini akan dilaksanakan hari Sabtu, tgl 29 Maret 2009, mulai pukul 20.30 s/d 21/30. FYI, kegiatan tahunan ini memang dilaksanakan setiap tanggal 29 Maret (CMIIW). Dimulai sejak tahun 2007, di tahun ketiganya sekarang, semakin banyak negara dan ikon-ikon dunia yang ikut berpartisipasi dalam kampanye Earth Hour ini, antara lain Burj Dubai, Canadian National Tower Toronto, Moscow’s Federation Tower, Quirinale Roma, Kediaman Resmi Presiden Italia Giorgio Napolitano, Auqland Sky Tower Australia, Opera House Sidney, dan Table Mountain di Cape Town. Di Jakarta sendiri, beberapa titik akan menjadi pusat pemadaman listrik, yaitu Monumen Nasional berikut air mancurnya, Bundaran Hotel Indonesia berikut air mancurnya, Patung Pemuda, dan air mancur Arjuna Wiwaha/patung kuda (source: here!).

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s