Bernard L. Madoff

Lama tidak mendengar kabar tentang kasus besar ini, pagi ini saya kembali teringat pada kasus penipuan terbesar di dunia ini, setelah membaca berita yang mengabarkan bahwa salah seorang investor di Bernard L. Madoff Investment Securities LLC yang berasal dari Prancis, ditemukan tewas bunuh diri.

Sebenarnya ini adalah berita lama, sekitar tahun lalu. Ketika itu, Madoff, pemilik dan pendiri Bernard L. Madoff Investment Securities yang juga mantan ketua komite trading pada Securities Industries Association dan mantan CEO Nasdaq (Perdagangan Saham-saham Elektronik di Amerika Serikat), tertangkap karena bisnis penipuannya terbongkar.

Aksi ini terbongkar akibat krisis finansial yang terjadi di Amerika. Akibatnya, investor perusahaan tersebut pun ramai-ramai menarik dananya, karena khawatir akan dampak krisi finansial. Akibatnya, penipuan investasi dengan menggunakan skema Ponzi selama lebih dari 20 tahun itupun terbongkar.

Skema Ponzi adalah sebuah metode investasi yang ditemukan oleh Charles Ponzi di tahun 1903 di Amerika Serikat. Metode ini menerapkan peponzi31mbayaran bunga/interest/keuntungan investor lama, dengan menggunakan uang dari investor baru. Skema ini tidak memiliki investasi nyata, melainkan hanya bergantung pada investor baru yang tertarik untuk menanamkan modalnya. 

Dashyatnya, pihak-pihak yang menanamkan modalnya di Bernard L. Madoff Investment Securities ini bukan pihak sembarangan. Tercatat lebih dari 14000 investor dari berbagai belahan dunia telah menjadi korban penipuan Madoff ini. Di antaranya adalah BNP Paribas (Bank besar di Prancis), Nomura Holding (Jepang), Zurich’s Neue Private Bank (Swiss), HSBC, berbagai perusahaan investasi dan sekuritas yang biasanya dipercayakan untuk mengelola dana, dan ribuan investor personal yang kebanyakan adalah para jutawan di seluruh dunia. Angka kerugian akibat penipuan tersebut pun sangat fantastis, yakni mencapai 5 Milyar US$.

amd_madoffMadoff yang terkenal jago berdiplomasi dan memiliki resume yang tidak bercela, menjadi faktor utama terjebaknya investor-investor besar tersebut. Dengan kemampuan komunikasi yang baik, kedekatannya dengan pihak-pihak yang berkepentingan di dunia Pasar Modal Amerika, dan sikap dermawannya pada partai Demokrat Amerika Serikat, membuat aksinya dapat berjalan dengan mulus, sampai akhirnya terkuak karena terjadinya krisis finansial Amerika Serikat.

Madoff dikatakan telah menjalani persidangan pertamanya, dan didakwa atas 11 kejahatan penipuan, dan diperkirakan akan menerima tuntutan jaksa yaitu kurungan penjara selama 150 tahun. Madoff yang kini berusia 70 tahun, telah menyatakan diri bersalah atas semua dakwaan tersebut, dan tidak berniat untuk melakukan pembelaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s