sepeda

I Want To Ride My Bicycle
I Want To Ride My Bike
I Want To Ride My Bicycle
I Want To Ride It Where I Like

Queen – “Bicycle Race”

Setelah kemarin membahas tentang rantainya yang putus, sekarang saatnya membahas si sepedah sayah yang satu itu. :D

Sepeda MTB 24 inchi yang bermerk asli “Senator” ini sudah saya miliki sejak tahun 1994, atau ketika saya duduk di kelas 2 SD. Saya sendiri baru bisa naik sepeda menjelang kelas 4 SD. Artinya, hampir 2 tahun setelah Bapak saya membelikan si Senator untuk saya, sepeda itu cuma saya bawa berkeliling rumah sambil dituntun. Hihihi..

Warna aslinya ungu, dan setia menemani saya ketika sedang gila-gilanya naik sepeda sekitar kelas 5 SD. Berkeliling komplek tanpa kenal waktu, bahkan di siang yang terik sekalipun, yang mengakibatkan kulit saya berwarna terlalu matang hingga kini. *halah* :D Si Senator ini juga yang menjadi saksi hidup bagaimana dulu saya berimajinasi bahwa sepeda saya adalah F1ZR. Lantas berkelit di antara mobil-mobil yang seliweran, hingga hampir terperosok ke got karena ngepot tanpa perhitungan.

Anyway, setelah lebih 10 tahun teronggok di gudang, akhirnya saya berinisiatif untuk mereparasi sepada saya. Karena kondisinya yang begitu mengenaskan, akhirnya saya memutuskan untuk mengobati si sepeda apa adanya dulu, yang penting bisa jalan. Dan mengalirlah dana sekitar 350ribu ke tukang sepeda dekat kompleks rumah, untuk ganti ban dalam & ban luar, pasang gigi sepeda, membetulkan rem depan belakang, dan cat. Meskipun hasilnya mengecewakan (karena si tukang sepeda butawarna ketika mengecat sepeda saya!), namun setidaknya tujuan awal saya tercapai : si Senator bisa jalan lagi!

Setelah ada rezeki lebih, maka si Senator saya bawa lagi ke tukang sepeda lain yang lebih terpercaya. Kali ini target saya adalah supaya penggowesan (halah) menjadi lebih nyaman. Maka mengalir lagi dana yang lumayan untuk mengganti gigi-nya menjadi merk Shimano (kata si Abang tukang sepeda sih itu yang paling bagus), dan rem-nya menjadi yang model baru. Si Abang juga menawarkan untuk memperbaiki stelan ban belakang yang katanya agak miring, plus ganti sadel sepeda menjadi lebih nyaman.

Dan voila! Seperti meyjik yang Lyla katakan (hahaha), penggowesan berjalan lebih nyaman. Jok yang empuk membuat perjalanan jauh jadi terasa lebih nyaman di pantat. Hihihi.. Begitu juga dengan rem yang jauh lebih ringan ketimbang model konvensional, membuat lengan tidak terlalu perlu berusaha ketika ingin berhenti. Perpindahan gigi yang jauh lebih baik dan penggunaan model tombol Shimano juga jauh lebih akurat dan tidak perlu menduga-duga tingkatan gigi yang sedang digunakan.

Ternyata setelah beberapa perjalanan jauh, saya merasakan perlunya keamanan, di samping kenyamanan bersepeda. Maka setelah kejadian rantai putus kemarin, saya memutuskan untuk membenahi sepeda saya, antara lain dengan pengaman roda (itu looh, sejenis pemantul lampu yang dipasang di roda supaya kendaraan lain aware dengan sepeda kita), ganti gear belakang (supaya ngga ada kejadian rantai putus lagi karena adanya beban dadakan dari pedal sepeda), pedal untuk gowes, dan pemasangan tempat botol minum.

Maka perjalanan jauh pun kini sudah dapat saya jalani dengan perasaan lebih aman. Rencana saya selanjutnya, adalah pembenahan tampilannya : cat! Karena biayanya yang mencapai Rp150.000, kemarin itu saya sempat pikir-pikir untuk mengeksekusinya. Tapi sepertinya nominal tersebut cukup pantas dengan hasil yang didapatkan, karena si Abang menjamin hasilnya pasti akan mulus sesuai dengan permintaan. Selain itu, saya juga hendak menambahkan lampu depan dan belakang untuk keperluan keamanan, karena saya cukup sering naik sepeda malam-malam sepulang bekerja.

Kemarin, ada tawaran dari si Abang untuk mengubah ban saya menjadi ban fixie (yang tipis dan warna-warni itu lhooo), tapi terpaksa saya tolak karena hal tersebut mengorbankan rem saya. Menurut saya, sekalipun fixie terlihat lebih menarik, tapi saya khawatir pada keamanannya, karena saya termasuk pengendara sepeda yang sangat mengandalkan rem, baik depan maupun belakang. :)

Let’s hit the road, Jack! :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s