the company men

Film ini begitu nyata. Sebuah film satir yang membuat saya (dan mungkin anda) sadar. Sejujurnya, film ini membuat depresi. Diawali dengan pemecatan, dibumbui dengan pertengkaran dan bunuh diri, dan diakhiri dengan ketidakpastian.

Suasana suram tentunya saya rasakan, karena sepertinya keadaan dalam film tersebut sangat dekat dengan saya. Sebagai seorang “kuli berdasi”, toh kadang kekayaan kita hanyalah deretan angka-angka. Begitu juga dengan Walker, yang merasa ia memiliki segalanya, padahal hidupnya tak lebih dari cicilan dan tagihan. Padahal hidupnya bukanlah miliknya lagi, tapi milik kapitalis pemilik perusahaan, yang memanfaatkan kecerdasannya. Dan begitu semuanya terhenti, semuanya tak lebih dari sekedar perjuangan mempertahankan hidup, dan untuk hidup sesuai dengan kemampuan sebenarnya.

Frustasi yang dipaparkan dalam film ini betul-betul membawa saya berpikir, mengenai tingginya risiko bekerja sebagai “company man”. Sebuah keadaan di mana kita menggantungkan hidup pada perusahaan, dan tidak sebaliknya. Film ini juga menyindir rakyat Amerika (dan juga saya) yang hidup dengan berbagai macam tagihan. Kartu kredit, cicilan mobil, rumah,  dan aneka pengeluaran lainnya. Film ini menggambarkan bagaimana seandainya pemasukan kita tidak selancar yang diekspektasikan ketika kita mengambil keputusan untuk mencicil sesuatu.

Dan di sanalah keluarga berperan. Bagaimana Mrs. Walker berusaha keras menyadarkan suaminya pada realita, bahwa kehidupan mereka telah berubah. Bagaimana ia bertahan dalam kondisi yang begitu berat, ketika mobil harus dikembalikan ke perusahaan leasing, ketika rumah harus dijual dan pindah ke rumah mertua. Bagaimana seorang istri melihat kehancuran suaminya karena mempertahankan gengsi yang setinggi langit.

Kalau anda seorang “company man”, cobalah tonton film ini. Dan berpikirlah lebih jauh, sebelum semuanya terlambat dan anda terjebak dalam dunia kapitalis kita yang kejam ini. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s