Dear Telk*msel

Dear Telk*msel,

Saya pelanggan baru kalian, dan kalian sudah mengecewakan saya berkali-kali. Mulai dari drop pulsa (pulsa hilang tanpa sebab), fake signal (sinyalnya penuh tapi tidak bisa telpon dan kirim sms), hingga jaringan internet yang seringkali putus tanpa pemberitahuan.

Pertama kali kalian mengurangi pulsa saya (tanpa sebab) ketika saya sedang ada di Pulau Tidung, pertengahan Mei lalu. Pulsa yang saya yakini baru saya isi ulang sebelum berangkat, tiba-tiba tersisa Rp50,- di sana. Padahal tidak ada penggunaan yang menyedot pulsa (lah wong di sana susah sinyal).

Merasa yakin dengan penggunaan pulsa saya yang tidak wajar, saya pun menelpon 116 (Mbak Caroline, CS kalian) dan diterima dengan cukup baik (setelah sekian menit menunggu). Dari CS pula saya tahu bahwa histori penggunaan telpon saya baru dapat diketahui T+3 setelah hari penggunaan. Karena tidak ada data pembuatan laporan, CS pun menolak pengaduan saya dan menyarankan untuk menelpon lagi beberapa hari lagi.

Tak menyerah, 3 hari kemudian saya telpon kalian (lagi). Kali ini data histori penggunaan telpon saya sudah lengkap. Dan dari sana terlihat bahwa ada pengurangan pulsa tidak wajar (tanpa ada pemakaian), dari Rp46ribu sekian,  menjadi Rp50,-. Saya pun meminta CS untuk membuat laporan kepada pihak terkait, tentunya dilengkapi dengan data histori transaksi saya. CS meminta saya menunggu 7×24 jam sebelum refund dilakukan, jika memang kesalahan terjadi di pihak Telk*msel.

Besoknya, saya menerima sms bahwa terjadi kesalahan pada sistem kalian (I’ve told YOU!), dan telah dilakukan refund sebesar pulsa saya yang hilang. Tanpa permintaan maaf. WTH.

Kurang sebulan dari situ, tepatnya minggu lalu, kembali saya mengalami pemotongan pulsa. Kali ini terjadi ketika saya sedang menelpon, dan tiba-tiba terputus. Cek pulsa ke *888#, ternyata tinggal Rp50,- (again!). Daripada saya berdebat dengan CS, saya pun baru menghubungi 116 hari Jumat lalu, setelah saya yakin data saya telah lengkap.

Diterima oleh CS 116, kembali tercatat di histori pemakaian saya, bahwa terdapat pengurangan pulsa tidak wajar, dari Rp39ribu sekian, menjadi Rp800,-, dan tersisa Rp50,- ketika saya sedang melakukan panggilan. CS pun langsung membuatkan laporan terkait hal tersebut, yang lagi-lagi mengharuskan saya menunggu maksimal 7×24 jam sebelum refund dilakukan. Dan hingga hari ini, saya belum juga menerima refund yang kalian janjikan. Blah.

Saya tidak paham apa yang sedang terjadi pada sistem billing/payment kalian, wahai Telk*msel. Namun satu hal yang saya tahu pasti, kami merasa dirugikan sebagai seorang konsumen. Kami membayar jasa kalian (yang tidak bisa dibilang murah), untuk mendapatkan jaminan sambungan komunikasi yang baik, seperti kata iklan kalian.

Tapi entah berapa persen dari 100 juta pelanggan Telk*msel yang tidak menyadari bahwa pulsanya raib tanpa sebab, dan terus melakukan pengisian pulsa. Atau berapa persen dari 100 juta pelanggan Telk*msel yang menyadari pulsanya raib, namun tidak paham prosedur pengklaiman, ataupun memang tidak mau repot dengan segala urusan ke CS. Toh kalian memang tidak pernah menginformasikannya kepada kami, bukan?

Berpuluh-puluh sms promo dan iklan kalian kirimkan kepada kami, tapi apa pernah ada sms pemberitahuan mengenai gangguan jaringan? Bahkan sms pemberitahuan refund kalian pun tak disertai permintaan maaf. Padahal pulsa kami telah kalian potong tanpa sebab. Pulsa yang mungkin dapat kami gunakan menelpon orangtua kami yang sedang menunggu kabar. Pulsa yang seharusnya dapat kami gunakan saat itu juga, tapi harus menunggu 3×24 jam + 7×24 jam sebelum pulsa tersebut kembali dapat kami gunakan. Dan sadarkah kalian, yang paling menyesakkan kami adalah bahwa semuanya BUKANLAH KESALAHAN KAMI. Tidak sedikitpun.

Entah sudah berapa uang “haram” yang kalian terima dari “kesalahan sistem” seperti yang dikatakan oleh CS kalian itu. Dan entah sudah berapa juta pelanggan yang tertipu dengan praktek bodoh provider yang katanya nomor 1 di Indonesia. Satu persatu pelanggan kalian akan menyadari buruknya pelayanan kalian, dan segera berpindah ke provider lain.

Ini bukan masalah uang Rp10.000 atau Rp500.000. Ini soal hak kami sebagai konsumen. Dan kalian melalaikannya.

Salam,

Salah satu dari seratus-juta pengguna jasa kalian, yang merasa terabaikan haknya.

PS: Mungkin satu-satunya kesalahan kami adalah karena kami menggunakan kalian sebagai provider telpon seluler kami. :(

3 thoughts on “Dear Telk*msel

  1. iyaaaa..itu mungkin kesalahan dari Telk*msel nya, maintain yang buruk untuk nomor-nomor pelanggan yang baru.
    so far 9 tahun pakai Telk*msel, gak ada masalah hilang pulsa sih.. paling belakangan koneksi BIS nya mereka yang kacrut..

    but there’s always a choice Dear You,customer.. beralih ke provider yang lebih kacrut, maybe? * re: PS: Mungkin satu-satunya kesalahan kami adalah karena kami menggunakan kalian sebagai provider telpon seluler kami. :( * hahaha :p

  2. saya ‘edi’,, di lampung utara-kota bumi:

    pada tgl 7-6-2012
    tpatnya pkul 11.55 pulsaku hilang sebesar rp 20.000
    tanpa aku menggunakn’a,, bwt tlp ga,bwt sms ga,,
    apa lagi bwt internet,, coz hp jadul,, mna bisa,,
    tlp ke 188: mereka bilang pulsa telah terpake mengakses internet,,
    NOKIA 1600: emang bisa mngakses internet,,,,?????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s