memori

Pernah berantem sama pacar karena lupa tanggal jadian? Pernah gagal tes karena lupa jawaban yang sudah dipelajari semalam? Pernah menyesal tingkat tinggi karena lupa melakukan sesuatu?

Pernahkah berpikir mengapa Tuhan menciptakan “lupa“?

Saya teringat sebuah episode di Oprah yang menceritakan tentang A.J. (CMIIW), seorang perempuan berusia 40 tahun yang memiliki ingatan super? Ia seperti sebuah kalender otomatis yang dapat menceritakan ada kejadian apa di sebuah momen, hanya dengan menyebutkan tanggalnya. Ia ingat persis kejadian-kejadian besar di dunia, lengkap dengan tanggal, jam, bahkan siapa saja orang yang berada di dekatnya saat itu.

Bagi banyak orang, ingatan seperti itu adalah berkah. Bagi A.J. sendiri, itu merupakan siksaan. Kenapa? Karena ia tidak dapat berhenti mengingat, semua momen-momen terburuk dalam hidupnya pun masih teringat dengan jelas, seakan-akan baru terjadi kemarin. Kemampuan otaknya merupakan bencana baginya, yang sempat kesulitan mengontrol emosinya ketika mengingat kejadian-kejadian menyakitkan dalam hidupnya.

Bagaimana jika kita masih bisa terus mengingat momen-momen buruk kita sepanjang hidup? Bagaimana jika bayangan kejadian masa lalu terasa masih terus menghantui dan memenuhi pikiran kita saat ini? Bagaimana jika kita tidak dapat MELUPAKAN?

Dan saya pun berterimakasih pada Tuhan karena telah menciptakan saya dengan keterbatasan otak saya. Memperbolehkan saya menumpuk memori-memori buruk dengan memori-memori indah. Bersama-sama dengan waktu berusaha meninggalkan masa lalu, dan bergerak maju. Menciptakan momen-momen lain yang dapat diingat.

Ah, Tuhan. Terimakasih. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s