Qui Scribit, Bis Legit

22:35

Malam larut, hujan di luar, dan saya masih di kantor.

Calligramme Qui Scribit Bis Legit 2Tiba-tiba saya teringat pada blog ini, yang sudah lama tidak disentuh. Cek blogfeed, cek stats (yang mentok di 40-an views sehari), dan memutuskan untuk menulis.

Dan saya teringat pada quotes ini. Quotes yang membuat saya (pernah ingin) giat menulis di blog.

Qui Scribit, Bis Legit.

Bukan, ini bukan bicara tentang biskuit. Apalagi tentang yang legit-legit. Bukan. Frase tersebut adalah bahasa latin yang artinya “He who writes, reads twice.” Atau dalam bahasa urdu-nya berarti “siapa yang menulis, ia membaca dua kali.”

Lantas saya pergi ke bagian “Daftar Isi” dari blog ini, dan terpampanglah tulisan-tulisan saya dari tahun 2007. Sungguh indah ketika membaca kembali tulisan-tulisan kita sendiri, dan merasakan kembali suasana ketika tulisan itu dibuat. Mulai dari menertawakan tulisan cupu berisi curhat-curhat, hingga pemikiran mendalam yang bahkan saya sendiri masih mengkerutkan dahi ketika membacanya.

Lantas saya merasakan bagaimana masa lalu membentuk saya yang saat ini menulis postingan ini, dengan begitu ajaibnya. Sedih, galau, senang, benci, bingung dan kasmaran, telah membentuk saya. Dan semuanya tertulis dengan megahnya di sini. Di blog ini.

Saya tidak pernah menyesali apa yang terjadi dalam perjalanan hidup saya. Baik manis maupun pahitnya. Dan tulisan-tulisan ini membuat saya semakin yakin dengan pemikiran saya.

Hidup memaksamu untuk terus belajar. Dan menulis, adalah proses dokumentasi pelajaran yang terbaik. Karena ketika kamu menulisnya, kamu membacanya lagi, dan lagi, dan lagi, dan sampai pada waktunya, kamu mengerti apa yang Tuhan rencanakan untukmu.

3 thoughts on “Qui Scribit, Bis Legit

  1. “Karena ketika kamu menulisnya, kamu membacanya lagi, dan lagi, dan lagi, dan sampai pada waktunya, kamu mengerti apa yang Tuhan rencanakan untukmu.” <– setuju banget dengan kata-kata ini…

  2. Tulisan yang bagus, sayang sekali saya belum mampu menulis untuk menjadi sebuah bacaan yang menarik dan enak dibaca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s