spasi

Seindah apa pun huruf terukir, dapatkah Ia bermakna apabila tak ada jeda? Dapatkah Ia dimengerti jika tak ada spasi? Bukankah kita baru bisa bergerak jika ada jarak? Dan saling menyayang bila ada ruang?

Kasih sayang akan membawa dua orang makin berdekatan, tapi Ia tak ingin mencekik, jadi ulurlah tali itu. Nafas akan melega dengan sepasang paru-paru yang tak dibagi. Darah mengalir deras dengan jantung yang tidak dipakai dua kali. Jiwa tidaklah dibelah, tapi bersua dengan jiwa lain yang searah.

Jadi jangan lumpuhkan aku dengan mengatasnamakan kasih sayang. Mari berkelana dengan rapat tapi tak dibebat, janganlah saling membendung apabila tak ingin tersandung.

Pegang tanganku, tapi jangan terlalu erat, karena aku ingin seiring dan bukan digiring..

(Dee Lestari, “Spasi”, Filosofi Kopi:2008)

Sebuah prosa dari Dee Lestari, yang tiba-tiba teringat di kepala karena postingan sebelumnya tentang buku, dan menarik saya untuk googling karena saya lupa isi full-text nya. Wow, sangat inspiratif. Sangat-sangat inspiratif.

Sudah lama tulisan ini saya baca, dan terlupa. Padahal penting, terutama dalam hubungan antar-manusia. Hal ini jg pernah saya baca dalam buku “Perpustakaan Ajaib Bibi Bokken”-nya Jostein Gaarder (kalau saya tidak salah ingat), yang membahas tentang penemuan paling spektakuler sepanjang masa : 26 huruf latin.

Ya, terkadang kita lupa pada spasi. Sebuah jeda antar kata, yang membuat susunan huruf-huruf menjadi bermakna. Sebuah ruang antara 2 kata, yang membuat kata tersebut memiliki arti. Sebuah poin penting dalam sebuah karangan, baik novel beratus-ratus halaman, ataupun karangan mini seperti @fiksimini di twitter yang hanya 140 karakter.

Ya, manusia juga butuh ruang itu. Jeda antar manusia. Jarak. Yang membuat kita bisa bergerak. Jarak bukan berarti jauh. Jeda bukan berarti terpisah. Hanya ruang kecil untuk membuat kita lebih dimengerti. Membuat kita jadi bermakna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s