plan

If you want to make God laugh, tell him your plans.” – Woody Allen.

Sibuk berencana? Sama dong.

Hari-hari dalam hidup saya banyak dihabiskan untuk membuat rencana. Apalagi belakangan ini, ketika hidup saya tiba-tiba berubah 180 derajat. Seorang teman mungkin sampai eneg karena sering sekali mendengar saya ngomong “gw mau ngajar lagi deh“, atau “gw mau ikutan franchise ini deh“, atau “iya gw mau mulai investasi nih“. Bla bla bla.

In fact, hanya 25% (alias satu dari empat) rencana saya yang bisa (dan mau) saya realisasikan. Awal tahun selalu sibuk dengan rencana resolusi ini dan itu, toh ketika di akhir tahun saya hanya bisa menangggung malu karena tidak banyak rencana saya yang saya coret dari list karena telah saya jalankan.

Dan hidup berubah. Okay, saya ralat : tampaknya SAYA yang berubah. Berbagai rencana manis ini dan itu di masa lalu, toh berubah total karena keputusan-keputusan yang saya pilih. Mengaburkan lagi semua yang awalnya terlihat jelas. Dan saya kembali (mencoba) menyusun rencana. Oh, rencana lagi? Yeah, rite. Toh hidup bukan cuma menjalani apa adanya saat ini. Toh hidup saat ini juga tergantung pada masa lalu, dan mempengaruhi masa depan. Toh hidup bukan hanya menjalankan rencana-rencana, tapi juga menyusun rencana-rencana untuk dijalankan.

Life is what happens to you while you’re busy making other plans. Begitu kata John Lennon.

Dan ya, saya takut membuat rencana. Takut kecewa. Takut gagal. Takut salah merencanakan. Takut menyadari bahwa ketika waktu telah berlalu untuk menjalankan rencana saya, ternyata itu bukan rencana yang baik. Takut melewatkan berbagai kesempatan dalam hidup karena saya sibuk dengan rencana-rencana saya. Ya seperti yang dibilang oleh John Lennon tadi.

Jadi saya serahkan hidup saya kepada Yang Berwenang. Tanpa rencana. Ah, dengan rencana saja akan ditertawakan olehNya, apalagi tanpa rencana? *siap2 denger Tuhan ngakak* :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s