Music Gallery #2 2012

Selalu deh. Maap mas, saya mau nonton, bukan liatin kamera mas. :O

Setelah diadakan tahun lalu (dan kebetulan saya juga dateng), ternyata tahun ini event Music Gallery diadain lagi. BSO Band FE UI sepertinya serius menggarap pasar indie, keliatan dari sponsor dan list band yang ditampilkan tahun ini, yang sedikit lebih berkembang dibanding tahun lalu.

Selain mengundang band-band indie yang lagi happening saat ini, sepertinya Music Gallery #2 ini juga berniat membantu penonton untuk mengingat dedengkot2 band indie yang pernah eksis, dan kini mulai redup bintangnya. Sebut saja The Adams (2004-an), The Upstairs (2001) dan Pure Saturday (1994! OMG 1994!). Dedengkot-dedengkot inilah yang dikombinasikan dengan The Trees and The Wild, Dried Casava, White Shoes and The Couples Company, dan penutup acara : Gugun and The Blues Shelter.

Sebuah band dengan tampilan gitaris yang uber-unyu. :D

Berniat untuk menonton The Trees and The Wild dan The Upstairs, akhirnya saya malah disuguhi oleh penampilan apik band-band lain malam itu. Secara jujur TTATW tidak tampil sebaik mereka biasanya (kalo saya nonton di Youtube), atau di penampilan mereka di Salihara tempo hari. Kurang greget, plus sound yang sepertinya agak sember. :(

Untungnya mereka tidak butuh banyak hal untuk jadi luar biasa. Yup, karena mereka memang udah luar biasa dari sananya. Musik etnik plus lirik yang dalam, mirip2 sama penyembahan atau apalah, yang pasti menikmati musik TTATW sambil tutup mata dan bergoyang itu sangat disarankan. :P

Begitu pula dengan The Upstairs. Maap Om Jimmy, sepertinya The Upstairs tidak dalam performa yang apik malam itu. Kehilangan dua personel perempuan ternyata membuat lagu-lagu yang ditampilkan menjadi sangat terbatas. Terekam, Satelit dan Dansa Akhir Pekan dibawakan dengan cukup menarik, dan mampu membuat saya bernostalgia. Beruntung penampilan The Upstairs ditutup dengan Matraman, yang membuat saya berdansa-resah sambil bergumam “Kan kupersembahkan sekuntum mawaaarr, aku di Matramaaan kau di kota kembaaanggg..”

Remedy Waloni - Vokalis TTATW

Hadir pula Dried Casava. Band lama sepertinya, tapi saya pun baru tahu band ini tahun lalu, dengan albumnya Mind Thieves. Intinya : mereka bener2 bisa main musik. Cukup unik, mirip sama TTATW tapi tanpa Remedy Walony dengan suara serak2 basahnya. Vokal Dried Casava juga cukup khas, yang bisa bikin kita tanpa melihat ke stage langsung tahu bahwa itu Dried Casava.

Vokalis Dried Casava

Jawara malam itu ada pada The Adams dan Pure Saturday. Dua band yang cuma saya tahu secara samar-samar, ternyata tampil mencengangkan malam itu. The Adams menyentak dengan Konservatif, Selamat Pagi Juwita dan Semirock. Tapi telinga saya terasa sangat teduh ketika mereka memainkan Hanya Kau. Lagu agak menye untuk band sekeras The Adams, tapi terasa pas tanpa terkesan lenje. Band favorit baru saya! ;)

Dan tampillah Pure Saturday. EMBAHNYA band Indie Indonesia.

Di Music Gallery tahun lalu, Pure Saturday didapuk menjadi band penutup, yang rupanya sedikit tersingkir tahun ini. Penyingkirnya adalah Gugun Blues Shelter yang naik kelas setelah tahun lalu hanya berada di urutan 3 terakhir band penutup sebelum Mocca dan Pure Saturday.

Kuping saya dihajar dengan Enough, dan lagu-lagu keras lainnya yang saya tidak tahu. Tiba-tiba sebuah melodi intro dari leadguitar membuat pikiran saya melayang ke tahunan lalu, ketika saya masih belajar gitar. Lagu Kosong dibawakan dengan syahdu, mengingat lagu ini merupakan salah satu lagu pertama Pure Saturday. Saya masih ingat, ketika itu sekitar tahun 2000 dan kakak saya (yang gebetannya anak band) mengajarkan saya sebuah intro lagu yang saya juga ngga tahu. Dan ini dia lagu itu. Oh memory.

Pure Saturday menutup dengan cantik, setelah ada kesalahan teknis di gitar dan secara spontan mengajak penonton menyanyikan Dont Look Back In Anger-nya Oasis. Bangku Taman menjadi lagu favorit baru saya malam itu. “Terduduk tenang di bangku taman, setelah lelah nikmati malam; mata terpejam berbaur dengan rasa kantuk yang dalam..”

Malam sudah terlanjur larut, jadwal pementasan terus molor, dan saya memutuskan untuk pulang. White Shoes and The Couples Company dan Gugun Blues Shelter dengan sangat terpaksa harus saya relakan penampilannya. Maybe next time? :)

One thought on “Music Gallery #2 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s