Tuhan, sembuhkanlah..

Beberapa minggu lalu, seorang gadis kecil bernama Aulia yang telah 11 hari dijaga oleh teman-teman 3 Little Angels, akhirnya meninggal dunia di RSCM. Pesan-pesan di grupmail dan twitter mayoritas diisi oleh permintaan kepada teman-teman semua untuk mendoakan supaya Aulia sembuh.

Begitu pula setiap minggu sore, di gereja. Doa syafaat dibawakan oleh salah seorang majelis jemaat, dengan membacakan nama-nama jemaat yang sedang sakit, diawali dengan “Tuhan, sembuhkanlah saudara kami…

Hal ini membekas di kepala saya, dengan pertanyaan: kenapa harus minta sembuh? 

Orang-orang kebanyakan mungkin akan bilang “ya kan kalo sembuh bisa jadi ‘saksi’ mujizat Tuhan“. Atau “kan kalo orang sehat bisa berkarya lagi dan memuliakan Tuhan“. Apakah kematian tidak bisa menjadi jalur memuliakan Tuhan, hingga dianggap sebagai sebuah “kegagalan”?

Padahal, dari kematian, kita bisa belajar banyak tentang hidup. Buku Tuesday with Morrie atau Have A Little Faith karangan Mitch Albom, banyak menyadarkan saya bahwa justru dari penyakit dan kematianlah kita banyak belajar tentang hidup. Bagaimana seseorang yang telah divonis umurnya karena penyakit tertentu, justru lebih menghargai hari demi hari hidupnya. Bagaimana Albom justru banyak belajar dari kematian orang-orang dekatnya, dan menjalani hidupnya dengan lebih baik setelahnya.

Tanyakan pada teman-teman dari 3 Little Angels, bagaimana hari-hari menjaga Aulia telah mampu mengubah pemikiran mereka. Jika pun akhirnya Aulia kembali ke Sang Pencipta, lihat apa yang telah dilakukannya pada kami yang hidup. Melalui penyakitnya, kita belajar menghargai kesehatan. Dan melalui kematian, kita belajar menghargai hidup.

Ingatlah bahwa dalam Doa Bapa Kami, diawali dengan “Bapa kami yang di Sorga, dikuduskanlah namaMu, datanglah kerajaanMu, JADILAH KEHENDAKMU…” Siapa kita sehingga bisa memaksakan kehendak kita padaNya? :)

One thought on “Tuhan, sembuhkanlah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s