inspirasi

Sejujurnya, saya menulis tentang inspirasi ini, justru karena saya lagi ngga ada inspirasi. :D

Sebagai penulis blog serabutan, tulisan blog ini ngga akan jauh-jauh dari apa yang lagi saya pikirin. Bisa itu tentang agama, tentang barang-barang kesayangan saya, tentang orang-orang di sekitar saya, ataupun hal-hal yang saya kebetulan baca atau dengar.

Pernah juga dulu saya selalu berusaha nulis tentang sesuatu yang lagi happening, dengan harapan bahwa para penggogling akan mampir di blog saya karena lagi nyari hal-hal yang lagi in tersebut.

Ya tapi itu dulu sih.

Sampai pada akhirnya saya memutuskan untuk membuat tren saya sendiri, dan ngga mau keikutan sama tren yang lagi beredar. #antimainstream gitu ceritanya. Ya meskipun ngga ada yang salah dengan ngikutin perkembangan sosial dan menuliskan pandangan kita di blog. Toh blog pribadi ini.

Tapi lama kelamaan, saya merasa tulisan saya ngga mencerminkan apa yang saya bener-bener pikir ataupun rasa. Saya sekedar menulis untuk membuat impresi, untuk membuat orang lain senang dengan apa yang saya tulis. Write to Impress.

Padahal yang saya mau adalah Write to Express.

Saya mau orang baca apa yang saya pikirkan. Apa yang saya rasa. Apa pendapat saya tentang suatu hal. Inti blog ini adalah tentang saya. Sedikit egois adalah sah kalau itu adalah ruang pribadi.

Awalnya menyenangkan, karena saya merasa bebas. Tulis aja apa yang mau saya tulis. Ya meskipun ngga sebebas itu juga, karena toh sisi introvert saya masih lebih dominan ketimbang extrovert-nya. Mau tak mau, yang mau saya tulis pun disaring terlebih dahulu. Hanya saja, temanya bebas.

Tapi toh kebebasan hanyalah sementara, karena pada akhirnya batasan-batasan akan muncul dengan sendirinya. Bukan dari luar, tapi justru dari dalam diri sendiri : darimana lagi saya bisa mendapatkan inspirasi tulisan?

Saat ini, twitter dan khotbah Minggu masih menjadi sumber inspirasi nomor 1 dan nomor 2 dalam tulisan-tulisan saya. Lihat saja postingan Percayakah, Buah, atau Tuhan Sembuhkanlah. Semuanya terinspirasi dari ibadah minggu saya. Ada juga Just Like A Camera dan Tuhan Masih Bangun? yang kebetulan saya baca dari twitter. Sisanya, selentingan-selentingan spontan yang saya alami atau saya rasakan, seperti postingan Rem dan tulisan tentang USB.

Ketika inspirasi tak kunjung datang karena waktu terasa berlari karena sibuknya pekerjaan, muncullah inspirasi untuk menulis tentang inspirasi. Inspirasiception. Seperti saat ini.

Toh beberapa hal tetap saya lakukan supaya setidaknya membuka peluang agar inspirasi itu masuk. Misalnya :

1. Naik bus malam dan duduk di kursi pinggir jendela. Rasa-rasanya ini hal yang paling sering saya lakukan. Melamun, sekedar memandangi jalanan yang masih ramai, plus merasakan angin yg berhembus ke wajah. Lantas pikiran melayang entah ke mana, tanpa bisa saya kontrol lagi. Keseringan ngelamun jorok sih ujung2nya. #halah

2. Scrolling twitter timeline. Yup. Ketika kamu follow orang2 yang tepat, twitter itu terasa sangat sangat sangat penuh ide dan dinamis!

3. Bengong ketika (maaf) BAB. Buahahahaaaa! Jorok, but it works! Ya kan? Ya kan? *cari temen* :P Bengong di bilik kamar mandi adalah me-time paling efektif, setidaknya menurut saya. Suasana tenang, plus sedikit bau2an aneh, cukup membuat ide-ide tulisan mengalir lancar di kepala.

4. Blogwalking. Ini mungkin cara paling klasik, dihitung sejak mulai ramainya blog di mana2. Kunjungin deh tuh blog temen2, atau blog random aja dengan memanfaatkan fitur pencarian blog di google. Beberapa kali saya mendapatkan ide dari blogwalking ini.

Nah, setiap kali inspirasi mulai terbayang, segera ambil kertas/tisu/handphone, dan catet! Percaya deh, ketika kamu keluar dari bilik WC, ide kamu tadi bisa tiba2 lenyap seiring dengan flush WC.

And you know what, this is also a #NoteToMyself. Semoga bisa menginspirasi! :)

2 thoughts on “inspirasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s